Download 25 FREE songs at eMusic.com!

Daftar Blog Saya

Waduk Karangkates








Pagi itu suasana kabut menyambut pagi yang dingin. Laju motor legendaris itu tak tertahan bersama deru kendaraan yang menyapu jalanan. Tak terasa setelah berjam-jam perjalanan akhirnya saya pun singgah di sebuah tempat yang banyak airnya. Salah satu bendungan terbesar di Jawa. Bendungan Ir. Sutami atau orang biasa menyebutnya waduk Karangkates.

Tak sia-sia perjalanan dari kota lahir saya menuju kota Malang melewati Blitar, akhirnya bisa mampir ke waduk yang secara total mampu menampung 343 milyar liter air yang dibendung sebuah bangunan kokoh nan besar sepanjang ratusan meter. Menurut sejarahnya bendungan ini mulai dioperasikan pada 2 Mei 1972. Air bendungan ini mengalir jauh sampai ke Surabaya, melewati kali Brantas yang mengular di Jawa Timur itu.

Pemandangan alam yang begitu indah bisa kita nikmati di bendungan Sutami. Sebuah kolam air raksasa di sebelah timur bendungan dalam bentangan barisan pegunungan... Oh Maha Indah ciptaan Ilahi.... Di sebelah barat tampak sebuah aliran sungai yang dialirkan dari bendungan melewati sebuah lembah bergunung-gunung. Tampak pula di sebelah barat tiga buah pipa bagian dari PLTA Sutami. Ada pula jalur kereta api yang melengkapi keindahan alam waduk Karangkates ini.

Sungguh nikmat menikmati sunrise dimana cahaya mentari akan terpantul dalam air yang melimpah ruah di waduk ini. Namun, sayang saat itu saya terhalang deretan awan yang menggantung di langit... Ah....

Ah,.... Indonesia is very beautiful.........

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger